“Feby itu kalau dimisalkan buku kaya buku yang tebelnya 20.000 halaman.”

Itu kata bokap temen gue loh.. Bukan gue sendiri yang ngomong.

Gue bangga?

Kalo mau jujur, gue bangga banget dibilang kaya gitu. Kesannya kaya gue orang yang tau sebagian besar apa yang ada di kehidupan gue. Gue malah berharap kalo ayah gue sendiri yang bilang kaya gitu.

Tapi mungkin itu mimpi. Gue tau banget siapa ayah gue dan gue juga tau banget susahnya untuk dapet pengakuan dari dia kalo gue sanggup. Bener-bener sanggup bukan cuma kata ‘Iya’.

Tapi gue juga berani sumpah, kata-kata bokap teman gue itu bikin gue ngerasa berat. Ada rasa dalem hati gue yang bikin gue ngerasa kaya Ditusuk Pake Pedang Emas.

Kesannya membanggakan tapi tetep aja sakit rasanya.

Dia bilang gue kaya buku yang tebel halamannya 20.000, iyakan? Kalo dipikir emang kaya pujian. Tapi ternyata gue nemu kemungkinan lain.

Bisa aja maksud dia itu gue SOTOY.

Bisakan ya? Nah, dari situ juga gue jadi ngerasa kaya gimana banget gitu. Kesannya gue kaya menggurui orang tua kalau lagi ngomong sama dia.

Jadi males banyak ngomong lagi ke anaknya.

Sebenernya, gue gak ngerasa kaya gitu juga. Gue cuma cerita apa yang gue tau, gue alami, atau gue denger dan baca. Kalo gue dimisalkan buku, gue malah ngerasa kaya buku yang halamannya banyak yang hilang.

Kenapa?

Karena gue ngerasa banyak banget yang gue lupain.

Lucu gak sih? Gue ngerasa kalau gue buku cacat tapi ada yang bilang gue itu buku yang tebelnya nau’zubillah.

Ya iyalah, 20.000 halaman broo.. Itu tebel banget kan? Ensiklopedia aja gak setebel itu.

Tapi sekali lagi, gue seneng ada yang bilang kalo gue ini lumayan berilmu.

Eh, eh, tapi kok gue ngerasa kalo ini semua karena kebiasaan gue yang suka kabur sebelum nanganin masalah gue. Biasalah spazzing dulu gitu.

Kaya yang sebelumnya pernah gue tulis. Kalo gue hobi banget kabur sebelum gue ngadepin masalah yang menurut gue susah. Emang gak pernah ngerasa gampang sebenernya.

Dan dari sanalah gue belajar banyak hal. Selain kabur ke K-Pop gue juga suka nyari hal-hal yang menurut gue seru gitu. Kaya semisal Urban Legend, Kisah Nabi dan Kebiasaan Nabi, Kunci Bahagia, atau malah penyakit-penyakit aneh kaya Scizofrenia dan Alter Ego.

Dari kebiasaan itu gue jadi banyak tahu dan banyak belajar. Emang gak semuanya jadi bahan yang bagus buat gue. Tapi kalo gue rasa sesuatu yang gue dapet itu berguna gue bakal nyimpe semuanya.

Tapi ya itu tadi, kadang gue suka lupa sama semua yang udah gue dapet dan baru inget saat emang ada yang bersangkutan sama hal-hal itu.

Kaya waktu gue dikusi tentang ta’aruf sama temen gue. Gue baru inget tentang itu pas ada temen gue yang lain nganggap kalo dia cuma bisa ngelupain mantannya dengan mencari pelarian.

Jadi gue bilang aja sama dia. “Lo gak boleh kaya gitu juga. Mending sekarang lo fokus sama adek-adek lo, jodoh itu juga ada yang ngatur. Atau kalo lo mau, gue bilang sama bokap-nyokap lo buat nyariin jodoh untuk lo. Jadi pake system ta’aruf gitu.”

Tapi dianya gak mau.

Kalo bukan karena rangka itu gue juga bakal lupa sama ta’aruf. Kecuali kalo di bahas.

Balik lagi ke soal, kalo misanya gue ini buku.

Gue emang sering baca buku. Tapi rata-rata cerita fiksi, novel atau malah komik. Dulu buku pelajaran juga gue baca kalo di suruh untuk baca.

Tapi ya itu tadi, gue masih gak habis pikir sama jumlah halaman yang jadi kata ganti untuk apa yang gue ketahui. Gue ngerasa kaya gimana gitu.

Disatu sisi gue seneng bukan main, karena ada yang nganggap gue ini berilmu. Ada yang ngakuin kalau gue ini bisa. Tapi di sisi lain gue langsung yang negrasa, males banget kalau ngomong sama mereka.

Sama anaknya mereka aja gue jadi ngebatesin ngomong karena di bilang kaya gitu. Padahal anaknya gak salah apa-apa. Orang tuanya juga gak salah apa-apa. Gue aja yang bermasalah sama kalimat itu.

Sumpah, rasanya berat banget.

Gue lagi gak merendah. Tapi coba kalo lo yang jadi gue, lo yang punya pola pikir kaya gue dan sifat kaya gue ini. Gue berani jamin lo juga bakal ngerasa kaya gini.

Terbebani sama pujian.

Dan untungnya gue merasanya terbebani bukan malah bangga dan ingin lagi dan lagi. Karena kalau kaya gitu gue malah bakal jadi kaya Marsyanda ke dua, yang terobsesi dengan segala macam pujian. Terobsesi untuk menjadi yang paling baik.

Ya Allah, maksih banget karena gue sekarang sudah jadi gue yang kaya gini. Coba kalo yang denger itu gue yang beberapa tahun lalu. Gue yang ada di dunia kelam penuh dengan ketertekanan.

Gue pasti bakal terobsesi jadi seperti itu terus.

Tapi karena pujian yang juga kaya sindirian itu, jadi nambah satu ilmu lagi. Haha, ilmu apa? Ilmu membelah dirinya Naruto? Atau malah punya ilmu menghentikan waktu kaya Tao EXO?

Bukan itu. Ilmu di sini maksudnya itu ilmu memahami seseorang.

Gue inikan tertarik banget sama dunia psikologi, jadi gue suka memperhatiin semua tingkah laku orang lain. Memperhatiin cara mereka bersikap dan cara mereka nanganin sebuah masalah. Dan dari sebuah kalimat tadi gue langsung tau gimana sifat asli bokap teman gue itu.

Gue emang gak bisa ngejabarin satu-satu tapi gue jadi tahu harus bersikap kaya apa sama dia. Terlebih disebuah kondisi tertentu.

Soalnya banyak orang di dunia ini yang malah gak bisa di tebak dari sikapnya dan malah gampang ditebak dari cara dia berbicara sama orang lain. Dan disinilah gue dapet ilmu baru.

Ternyata kaya gini caranya berpikir orang ini. Atau ternyata dia itu sebenernya kaya gini bukan kaya gitu.

Dan gue tahu itu hanya karena cara bicaranya dia. Gak gampang emang. Tapi ini sebuah kebetulan yang bakal gue pelajarin nantinya. Liat aja nanti gue bakal memperhatiin kalian semua yang ada di sekitar gue dari cara bicara kalian.

Bagi gue manusia itu objek menarik yang gak bisa di jelasin bahkan dengan buku yang tebelnya 20.000 halaman. Manusia punya banyak hal yang kalo di pelajari dan di tulis, butuh lebih banyak lagi dari hanya sekedat 20.000 halaman.

Itu salah satu sebab gue pengen jadi seorang psikolog nantinya. Gue harap kalian mau ngedoain gue untuk yang satu ini. Gue juga bakal ngedoain kalian, semoga kita bisa jadi orang-orang hebat nantinya. AMIN.

Tapi gue masih penasaran sama cara yang satu itu. Cara nebak sifat seseorang dari cara bicaranya. Soalnya cara bicara itu kontras banget. Banyak macemnya dan susah juga untuk nentuin sifat seseorang dari itu. Menurut gue loh ya..

Siapa tahu salah satu dari kalian yang liat bacaan ini ngerasa kalau cara membaca sifat orang dari cara bicaranya itu gampang.

Sekali lagi gue bilang kalo semua orang itu berbeda-beda pemikiran dan pendapatnya. Jadi jangan suka ng-judge orang hanya karena caranya berpikir, apa lagi hanya karena looking covernya dia. Karena siapa tahu dia malah sebuah buku yang tebelnya bisa lebih dari 50.000 halaman tanpa ada halaman yang ilang dan masih terawat dengan baik.

Tapi kalo misal lo itu sebuah buku. Lo maunya buku kaya yang dijadiin penggambaran siapa diri lo sebenarnya?

Oke, Bye~


-Feby-