Sekarang gue lagi jatuh cinta sama seorang penyanyi cewek, okeh dia masih dalam lingkup K-pop seperti kebanyakan artis yang gue sukain sekarang.. Namanya Juniel (Choi Junhee)..

Solois, dan selalu bawa gitar saat perform. Imut sih orangnya, bahkan gue langsung terobsesi bikin fotonya sama Luhan EXO. Kasusnya gak beda jauh sama kaya Baekhyun dan Bomi dulu. Sekarang yang kena itu Luhan.


Tapi sekarang gue gak lagi pengen bahas tentang Juniel-nya.. Yang pengen gue bahas itu efek dari kesukaan gue sama lagu-lagu yang dia nyanyiin.

Sekali lagi gue bilang, gue belum tahu arti lagunya, tapi tiba-tiba aja ada perasaan aneh yang menyerang gue. Perasaan yang maksa gue untuk inget dia lagi.

Dia seseorang yang udah pergi jauh bangeeeeett.

Gue kangen sama dia setiap kali gue denger lagu Juniel ini. Gak tahu kenapa rasanya kaya mengingat masa lalu aja pas gue denger lagu-lagu si Juniel Unni ini. Rasanya kaya ada film yang otomatis tergambar di otak gue. Gak tau sejak kapan di otak gue ada proyektor yang bisa nyetel film kenangan itu, tapi yang pasti gue kaya serasa nonton film gue sendiri.

Sumpah, susah banget gue ngegambarin ini biar bisa dimengerti. Tapi nyatanya gue emang bingung mau nulis apa buat ngejelasin semuanya.

Lagu Juniel yang paling bikin gue langsung bisa dengan jelas ngigetin si dia itu yang judulnya Boy, Pretty Boy, Bad Man, Illa-Illa, sama Fool yang featuring sama Jung Yonghwa CNBLUE.

Gak tau kenapa pas lagu Boy, setiap kali lirik Sweet Melody kesebut gue kaya langsung inget dia. Kaya tragedy lagu DBSK buat gue. Lagunya Boyband ini yang judulnya You’re My Melody juga bikin gue inget dia setiap kali denger kata Non Naui Norae yang artinya You’re My Melody, pasti langsung bikin gue inget dia lagi.

Kayanya dia emang melody hidup gue yang pertama kali ya, selalu aja melody yang bikin gue inget sama dia. Gue gak tau kenapa dia bisa begitu berarti buat gue. Yang gue tau, dulu gue sempet ngerasa bersalah banget karena gue bisa bodoh banget. Setiap gue denger lagu yang ngegambarin rasa penyesalan pasti gue inget dia. Itu kalau lagu Indonesia punya.

Kalau K-Pop cuma lagu Y – Super Junior yang bener-bener ngegambarin betapa bego dan labilnya gue saat itu. Sisanya gak ada. Cuma feel mungkin selalu ada.

Balik pada Juniel dan lagu-lagunya.

Pertama gue tertarik sama Juniel karena gue emang lagi nyari referensi lagu yang dinyanyiin sama solois cewek dan dari beberapa nama yang gue dapet, Juniel termasuk dalam kategori yang gue cari. Masih muda. Seumuran sama EXO member.

Karena jujur aja, gue nyari hal itu untuk referensi bikin FF. Bosen gue kalo FFnya cuma isi sama IU terus. Gue pengan penyanyi lain yang ngisi. Kesannyakan jadi gak monoton. Dan saat gue denger lagu Juniel yang judulnya Pretty Boy, gue langsung keingetan sama satu-satunya cowok cantik yang ada di EXO. Luhan.

Emang mau siapa lagi yang pantes gue bilang cantik? Gue gak suka kalau ada yang bilang Sehun cantik, dia itu ganteng. Baekhyun itu imut. Chanyeol itu Good Looking. Suho, Chen, Lay itu ganteng tapi masih gantengan Sehun. Kai sama Kris itu berkarisma. D.O, Tao, Xiumin itu Lucu.

Jelaskan??

Nah setelah lagu Pretty Boy itu gue makin tertarik sama sosok Juniel unni ini. Apalagi saat gue nemuin lagu dia yang duet sama Yonghwa oppa. Makin getol deh gue nyari lagu dia. Dan ketemulah gue sama lagu Boy. Lagu yang liriknya sederhana banget. Gak kaya lagu Bad Man dan Illa-Illa.

Awalnya gue kira, Feelnya lebih ke lagu Illa-Illa mengingat MV-nya menurut gue sedikit menarik. Tapi semakin sering gue dengerin gue makin seneng sama lagu yang judulnya Boy ini. Rasanya kaya lagi dengerin sesuatu yang begitu asik banget.

Selain karena liriknya gue juga suka sama nadanya. Yah, masuk banget sama lagu-lagu yang seneng gue dengerin saat pagi-pagi alias subuh. Dan gak tau kenapa lagu itu bikin gue inget sama Dia.

Padahal, gue gak inget kalo gue punya kenangan saat subuh sama dia. Secara gue ketemu sama dia aja pas di sekolah. Tapi lagu itu bikin gue ngerasa gue harus dateng berkunjung ke tempat dia gimanapun caranya. Dan lagu itu juga yang bikin gue yakin kalau gue pasti bisa dateng ke tempat Dia itu.

Kayanya gue emang punya banyak salah sama dia itu, soalnya gue gampang banget inget sama sosoknya. Apalagi sekarang ada temen yang mirip sama dia kalo gue liat dari samping.

Heran gue, kenapa bisa semirip itu. Tapi ya udahlah ya.

Balik lagi sama lagu Boy tadi.

Sekarang gue lagi dengerin lagu itu. Dan lagi-lagi inget sosok dia yang biasa ada di samping gue dulu. Jalan sama gue dan selalu jadi ejekan anak-anak sama gue.

Berasa kaya dia itu kakak gue. Dan emang nyatanya sebelum dia pergi, dia itu kakak gue yang paling gue sayang. Haha, padahal gue sama dia gak ada hubungan saudara, tapi gue maksa dia untuk jadi kakak buat gue.

Gue nyesel banget karena sebelumnya gue pernah bilang benci sama dia. Biarpun kita udah baikan tapi gue gak pernah punya waktu untuk langsung minta maaf sama dia. Dan itu bener-bener penyesalan yang paling berat saat harus ngelepas dia pergi.

Tapi sukurnya sekarang gue udah bebas dari rasa penyesalan itu. Dulunya gue pernah terpuruk loh, lama juga.. Sekitar 2 tahun mungkin. Tapi gue sembuh setelah Sembilan bulan terapi.

Hahah, santai gue gak lagi gila waktu itu.

Gue cuma sempet frustasi berat. Ngerasa bersalah banget dan ngerasa kalau dia itu jahat. Bahkan kata sahabat gue, dulunya gue sering banget ngomong untuk bunuh diri karena frustasi berat itu.

Tapi suwer deh, gue gak inget sama itu. Gue ngerasa gak pernah kaya gitu. Gue bahkan lupa apa aja yang terjadi sama gue saat masa dua tahun itu. Beneran deh.

Yang gue inget kalau dulunya gue pernah frustasi karena dia, bahkan sampe gue menderita pikun akut. Masa bisa benda yang gue pegang aja masih gue tanyain sama temen-temen gue di kelas. Dan dari situ gue ngerasa kalau ada yang salah sama hidup gue.

Gue langsung konsultasi sama Guru Fisika gue. Gak nyambung ya? Frustasi tapi konsultasinya sama Guru Fisika, harusnya sama Guru BK kan ya?

Tapi waktu itu cuma guru itu yang gue anggap bener-bener bisa ngebantu. Gue bilang sama dia gue sering banget lupa dan kadang lupanya itu keterlaluan. Bahkan gue sempet lupa naro dompet dan Hp gue di mana. Muter-muter gue nyari ternyata dua benda itu gue taro di tas gue. Coba bego banget kan gue yang dulu?

Tapi berkat terapi yang dia saranin gue jadi bisa sedikit lebih baik sekarang.

Guru Fisika idola gue itu nyaranin gue untuk belajar konsentrasi. Dan itu hampir berhasil karena ternyata ada gangguan lain di otak gue yang bikin gue malah ngerasa seperti tertekan.

Gue udah ngelepas sosok dia untuk pergi. Tapi gue tertekan karena gue memaksa diri gue untuk bahagia dan selalu bahagia.

Guru gue itu bilang gini sama gue, “Kamu itu sedang memikirkan sesuatu yang kamu gak bisa jangkau dengan mudah. Kamu menganggapnya mudah padahal kamu tahu itu sulit. Jadi kamu tertekan kaya gini.” Waktu gue bilang sama dia kalau gue masih sering pikun dan ngerasa tertekan.

Pulang setelah itu, gue langsung ngurung diri di kamar. Mencoba untuk maksa diri gue jujur sama gue sendiri. Dan gue dapet jawabannya.

‘Gue maksa diri gue sendiri untuk bahagia di saat gue tahu kalau gue sebenernya masih merasa duka mendalam.’

Dan setelah gue sadar akan itu gue belajar untuk iklas.

Susah banget emang, tapi gue harus kalau gue mau bebas dari penyakit hati dan otak gue itu. Dan sekarang saat gue nulis ini, gue gak lagi maksa diri gue lagi. Semuanya yang gue jalanin selalu gue pasrahin.

Emang gue punya ambisi dan rasa iri saat ngeliat yang lain. Tapi kadang gue selalu mikir untuk ngelepas itu semua dan melakukan semampu yang gue bisa saat ini.

Karena gue gak mau sakit lagi.

Masalahnya penyakit gue itu penyakit yang bisa gue bilang, obatnya susah dicari, kecuali kita percaya sama diri sendiri, percaya kalau ada Tuhan yang pasti memberi bantuan di akhir kisah, juga percaya pada orang yang mempercayai kita.

Pertama harus percaya untuk bisa yakin. Lalu setelah yakin baru bisa ditanam di otak, dan lama kelamaan itu akan menjadi sifat.

Susah? Iya gue tahu, tapi kalau semua yang ada di dunia ini gampang, jadi apa gunanya ada sebuah keyakinan? Apa gunanya sebuah usaha?

Susah itu datang saat kita merasa kalau kita tidak bisa. Jadi buat diri kita percaya untuk bisa dulu supaya kita yakin bisa mengerjakannya. Baru setelah itu tanamkan semuanya di otak. Lama kelamaan gue yakin banget itu bakal jadi hal termudah buat kita.

-

Duh, kok ceritanya jadi gak nyambung gini sih? Tapi ya udahlah ya. Kaya gitu aja. Gue juga jadi lupa tadinya mau cerita apa. Tapi yang pasti sekarang lagu Juniel itu bikin gue bisa mengenang sosok dia yang dulunya susah banget untuk gue iklasin.

Sekian dari gue.


-Bye