Gue gak tau kenapa, tapi rasa-rasanya ini emang harus gue tulis. Jujur aja gue yang nulis juga bingung, apa yang bikin ini harus gue tulis? Tapi ya itulah, gue kan lagi bingung, jadi jawabannya juga gue gak tau.

Belakangan ini gue lagi banyak banget mikirin masalah yang gue bikin ribet sendiri, dari mulai bingung ngasih kado hari ibu apa sampe bingung caranya bisa ada di Bekasi pas ultah sahabat kesayangan gue tanggal 28 nanti.

Dan seperti sudah jadi sebuah kebiasaan buat gue, saat stress melanda maka yang gue lakuin adalah KABUR. Yah, kabur, ke mana kek, yang penting kabur dulu.

Okeh, gue tau ini namanya gak asik. Tapi nyatanya setiap gue kabur gue bisa lebih baik lagi saat kembali. Setiap abis kabur otak gue kaya dapet pencerahan dan gue bisa sedikit lebih baik dari sebelumnya.

Semua juga bisa gue kendaliin.

Iya-iya gue tahu. Tetep aja yang namanya kabur itu gak bisa di bilang keren. Itu tetep CEMEN!!

Tapi mau gimana lagi? Diadepin gitu?

Yang ada gue makin stress. Dan gue gak mau stress terus. Stress juga bikin capek tau!!

Tapi harus gue perjelas kata KABUR di sini apa maksudnya. Gue gak mau loe pada yang baca ini mikir kalo gue itu kabur dalam artian lari dan gak balik ke rumah dalam kurun waktu tertentu. Bukan itu kabur yang gue maksud.

Kabur versi gue bukan kaya gitu.

Kabur versi gue itu, mengalihkan pikiran gue untuk gak fokus sama masalah gue. Nyari sesuatu yang asik dan bikin gue bisa pura-pura gak perduli sama masalah gue sampe gue bener-bener gak perduli sama masalah itu.

Bingung? Sama.

Dan gue baru nemuin cara ini sekitar 2-3 tahun yang lalu. Pas gue mulai aktif sibuk jadi orang yang memuja-muja orang berkulit putih dan bermata sipit dari Negri Gingseng sana. Yah, semenjak gue jadi K-POP lovers.

Sejak saat itu gue kaya bisa bener-bener lari dari masalah gue. Gue kaya punya dunia lain untuk bikin gue lupa sama semua masalah yang bikin gue stress. Okeh-okeh ini labil. Tapi itu nyatanya.

Setiap kali gue ada masalah yang bener-bener bikin gue males banget untuk ngadepinnya gue bakal mulai curang sama hidup gue sendiri. Gue bakal mulai menciptakan angan yang bener-bener terkesan nyata.

Yah, itu cara kabur versi gue.

Pertama-tama gue bakal ngebongkar file-file gue dan mulai sibuk bikin sesuatu yang gue pengen saat itu. Entah nulis, atau malah ngeditin gambar. Yang pasti kaya gitulah.

Setelah itu baru deh gue liat-liat video, mikirin video-video itu. Ketawa sendiri dan mulai mengandai-andai setelah itu. Coba aja tuh video lebih panjang kayanya bakal jadi kaya gini kali ya? Atau, kayanya asik kali ya kalo mereka kaya gini atau kaya gitu. Dan masih banyak angan gue yang lain.

Sampe yang paling parah itu angan saat gue berharap kalo kisah gue bakal jadi kisah nyata buat mereka.

Sumpah gue pernah berharap kalo gue ini Ahli Ilmu Sihir, gue rela mati karena ngelanggar peraturan dunia sihir yang mengacaukan kehidupan seseorang, asalkan apa yang gue kehendaki sama mereka bisa gue wujutin.

Tapi itu biasa aja. Mungkin banyak di luar sana FAN-FAN yang juga pernah mikir kaya gitu, tapi sejauh ini itu angan gue yang paling tinggi dan terkesan nyata setiap kali gue kabur.

Pernah gue berharap untuk jadi seseorang di antara mereka. Bukan jadi bagian dalam group mereka tapi orang yang ada di sekitar mereka setiap hari. Dan angan itu bertahan sampe dua bulan sebelum akhirnya gue apus karena gue rasa kerja jadi pendaping mereka itu gak gampang. Capek juga ya?

Jadi istri salah satu dari mereka menurut gue itu wajar. Banyak juga yang sering mimpi kaya gitu.

Dibanding jadi istri kadang gue lebih suka jadi adiknya. Karena gue pengen banget punya kakak (berhubung gue anak pertama). Jadi angan gue lebih sering mikir Kalau aja mereka itu kakak gue. Asik kali ya punya kakak yang ganteng, terkenal dan punya teman yang gak kalah ganteng.

Tapi sumpah seumur-umur gue gak pernah pengen angan yang satu itu terwujud. Gue gak mau jadi adik dari orang yang terkenal kaya mereka. Pasti tekanan batin banget gue kalo gak bisa sering-sering ketemu mereka.

Gak mau gue!!

Gue maunya punya kakak yang bisa ngajarin gue tentang hidup, sukur-sukur bisa ngebantu gue setiap kali gue ada masalah. Jadi gue gak perlu kabur terus. Dan kakak yang bisa gue gelendotin. Di manja-manjain gitu maksud gue.

Kakak yang bakal terus nganggap gue adeknya dan kakak yang lucu, jadi kalo gue nangis gue punya penghibur.

Okeh, gue sadar itu terlalu sempurna. Iyakan?

Tapi gue pengennya kaya gtu. Gimana dong?

Dan ada satu dari mereka yang pernah gue bayangin untuk jadi sosok kaya gitu.

Sosok kakak yang terlalu sempurna barusan itu. Bener-bener pernah gue bayangin bahkan sampai saat ini angan itu gue jaga baik-baik. Gue gak mau kehilangan kakak yang sempurna kaya gitu. Sayang kali.

Kata nyokap gue, karena kebiasaan ini gue jadi kaya orang aneh.

Sering ketawa sendiri dan nangis sendiri. Tapi menurut gue itu asik. Pernah gak loe ngerasa ketawa sama seseorang yang emang pengen loe ciptain sosoknya? Kalo gak pernah, gue kasih tau deh, itu asik banget.

Sumpah, ASIK BANGET!!

Gue sih udah biasa dibilang gila atau gak waras. Gak cuma sama keluarga tapi sama tetangga juga. Tapi gue ngerasa gue yang sekarang jauh lebih baik dari yang dulu.

Kalo dulu saat stress gue bakal jalan kaya orang mabok. Sekarang paling jalan mondar-mandir di depan rumah sambil dengerin lagu, kalo lagi mood kadang juga ikut nyanyi.

Sebenernya itu kebiasaan nyiksa diri sendiri juga sih. Karena gue bakal jalan mondar-mandir tanpa sandal dan baru berhenti sampe gue rasa sakit di kaki gue itu udah gak bisa ditahan lagi. Terus masuk rumah, cuci kaki dan tidur.

Tapi sekarang udah gak terlalu sering sih gue. Sekarang kaki gue udah sering sakit walau gak jalan jauh juga. Mungkin efek kali ya?

Dan kembali pada mereka yang bikin gue kabur. Gue gak tau kenapa tapi mereka itu lebih gampang dijadiin bahan untuk kabur ketimbang orang lain. Bahkan seseorang yang sangat-amat-sangat gue cintai aja gak bisa semudah itu gue buat jadi peran dalam angan gue yang malah lebih kaya kenyataan.

Eh, ngomong kenyataan lagi gue jadi inget. Gue pernah loh ketuker mana yang angan sama mana yang kenyataan. Temen gue sampe pada bingung pas gue cerita.

Tapi sumpah, buat loe semua yang ngerasa kalo masalah loe itu berat, coba deh untuk sesekali kabur. Gak harus kaya gue juga, dan jangan kabur dari rumah juga, maksudnya coba cari hal yang bisa bikin otak loe lebih aktif berpikir. Sebelum nantinya bakal berpikir berat karena masalah loe itu.

Karena gue rasa saat stress orang malah bakal nyakitin otaknya sendiri dan bikin otak itu gak bisa bekerja dengan benar karena terlalu banyak hal yang keluar masuk.

Coba kalo loe alihin dulu pikiran itu dan bikin otak loe siap untuk nerima pikiran yang berat-benar, pasti lebih gampang nantinya buat loe ngatasin masalah lo.

Maksud gak loe bacanya? Nggak ya? Sama.

Tapi coba aja dulu cara gue. Kalo masih gak bisa juga. Coba konsul sama orang yang loe pikir bisa bantu masalah lo. Biar kata dia cuma bilang ‘Lo Pasti Bisa’ itu juga sesuatu yang berarti banget. Yah, kalo loe punya duit, lebih baik sama Psikolog.

Jangan pernah mikir untuk mati dulu deh, terlalu cepet.

Emang sih MIKIR untuk mati muda itu pasti bakal dialamin sama kebanyakan orang (yang enggak pasti dia orang yang bener-bener beruntung) di dunia ini.

Ada saatnya loe ngerasa nggak sanggup sama sebuah atau beberapa masalah yang dateng buat lo. Tapi coba inget-inget lagi petuah yang bilang “Roda Itu Berputar”. Petuah itu bener loh. Gue percaya dan itu juga yang gue alamin. Hari ini bisa aja gue di bawah dan tiba-tiba besok udah ada di atas lagi.

Coba juga untuk percaya sama semua yang bersifat positif dan jangan gampang percaya sesuatu yang bisa bikin loe berpikir negative tentang hidup lo. Karena kebanyakan dari cara hidup kita itu bergantung sama sugesti yang kita percaya.

Sekali lagi, loe pada maksud gak? Kalo nggak coba dipahami. Sukur juga buat yang langsung maksud.

Kalo loe termasuk orang yang percaya dengan sesuatu berbau Fairy Tale, itu berarti loe orang yang paling gampang untuk ngatasin masalah lo. Karena kebanyak orang yang percaya Miracle atau keajaiban itu punya sugesti positif yang lebih baik dalam dirinya.

Intinya kabur itu gak selalu salah. Ada kalanya loe emang butuh kabur kaya gue. Dan saat loe balik pastiin semua masalah yang loe tinggalin itu beres. Gue yakin pasti loe semua bisa.

Gue percaya dan gue bisa. Kalo loe mau bisa, coba untuk percaya dulu.

Okeh bye~
*Feby in Here*