Gue lagi kesel. Tepatnya pasti bakal kesel kalo inget tentang ini.

Ini itu sesuatu yang pengen gue ceritain nanti. Karena gue pengen ngenalin orang-orangnya dulu baru cerita.

Abis udah pengalaman gue kalo cerita tapi gak kenal orangnya pasti ujung-ujungnya malah blank gak jelas. Jadi mending gue kenalin dulu orangnya biar gampang juga gue ceritanya nanti.


Sebelumnya gue pernah cerita tentang teman-teman sekelas gue yang gue sebut COSTAVERA. Terus ada juga cerita gue yang ngejelasin siapa adik kesayangan gue dan seseorang yang gue anggap bulan dalam kehidupan gue.

Kali ini gue mau cerita tentang mereka yang bagi gue bagaikan bintang di malam gelap gue. Teman yang setia, karena pasti dateng tiap malem. Yah, kecuali kalo mendung.

Kami dulu bangga dengan sabutan yang bisa dibilang itu adalah nama Gank. Namannya, The Miracle.

KEAJAIABAN.

Yah, dulu itulah kami. Tapi sekarang itu udah gak ada, yang ada hanya sahabat tanpa nama keberuntungan tadi.

Tapi bener deh, dulu saat kami masih terus bangga dengan nama itu dan menggunakan nama itu untuk menyebut siapa kami, pasti akan ada keajaiban. Selalu ada keajaiban untuk kami berenam.

But now? The miracle is just a name in my memories.

Gak ada lagi keajaiban yang kami percaya. Setelah hari itu semua keajaiban seperti musnah. Dan gue bersyukur karena masih ada satu keajaiban yang tertinggal dan gak musnah.

Keajaiban itu adalah kami masih bersahabat sampai saat ini.

Yah, gue bersyukur banget karena Allah masih ninggalin satu keajaiban yang kami punya waktu itu. Bahkan sampai saat ini Allah masih ngijinin gue untuk bisa melihat mereka, mendengar suara mereka dan ada di tengah mereka.

Walau sekarang bukan lagi enam orang, tapi gue tetep seneng banget. Bagi gue kami masih berenam. Karena satu dari kami yang pergi itu masih gue inget, jadi kami masih berenam.

Yang tersisa tinggal gue, Nesya, Widy, Tiwi, Aris. Mereka yang pengen gue kenalin sama kalian readers gue. Tapi kecuali Aris. Karena dia gak terlibat sama sekali sama apa yang gue rasaan saat ini. Mungkin abis mereka baca ini dia baru bakal terlibat mengingat salah satu dari kami adalah pacar kesayangnnya.

-


-

Dia gadis yang baik di mata gue. Yah, sangat baik, tapi bodoh. Entah bodoh beneran apa bohongan, buat gue dia bodoh.

Gue tau ini jahat. Tapi di mata gue seperti itulah dia.

Dulu gue pengen dia yang berubah untuk jadi lebih pintar. Karena jujur gue naro banyak harapan sama dia. Gue pengen dia bisa jadi sosok kakak buat gue. But look at this?

She is a fool girl. And she not a good old sister for me. She is just a girl who try to be happiness but she fail.

Dia gak tau kunci mana yang bisa bikin dia bahagia. Dan karena dia bodoh, dia selalu merasa dia orang yang paling butuh banyak bantuan.

Gue jujur, gue juga pernah ada di posisi kaya dia dan emang rasanya gak enak banget. Tapi gue bangun sendiri, gue bangun tanpa dia dan yang lain, karena gue jauh dari mereka. Gue bangun karena gue mau mendengar apa yang orang lain katakan.

Tapi dia?

Bahkan omongan gue yang jauh-jauh dateng melintasi garis provinsi masih gak di denger.

Gue sakit hati? BANGET!!!

Tapi gue emang gak bisa bener-bener marah sama orang yang gue sayang. Sekeras apapun sikap gue ke dia, gue cuma pengen dia gak kesakitan terus.

Dulu gue bodoh dan sekarang gue belajar untuk gak jadi bodoh terus. Gue dalam tahap berjalan, dan gue mau mencoba untuk lebih pintar dati seekor keledai.

Kalau keledai aja gak jatuh di lubang yang sama, kenapa gue nggak bisa? Malah seharusnya gue gak boleh terlalu sering jatuh. Karena gue manusia yang harusnya bisa lebih awas sama ancaman yang ada di dekat gue.

Sekali lagi. Tapi dia?

Udahlah. Segitu aja dulu untuk dia, seseorang yang gue bilang dia itu sahabat terbaik gue. Tapi gue gak tau apa gue buat dia.

Dia Nesya. Dan gue punya satu lagu untuk dia kalo gue boleh nyanyi di depan dia. Lagu itu punya Taylor Swift yang judulnya Everything Has Changed.

-


-
Lalu ada lagi seorang gadis yang gue kira bisa ngertiin perasaan gue. Di mata gue dia orang yang punya welas asih paling-paling besar. Kenapa?

Gue pikir itu karena bawaan keluarganya. Tapi ternyata sifat welas asih itu malah bisa bikin dia salah juga.

She is a fool girl too.

Iya gue tau, itu emang bukan salah dia. Tapi bolehkan kalo gue bilang dia jadi ikut-ikutan bodoh?

Dia kaya buta karena sifat itu. Dia gak mikir pake logikanya. Yang dia liat paling sedih itulah korban menurutnya.

Itu aja sih masalah dia buat gue. Yang lainnya baik-baik aja.

Gue cuma heran sama dia. Dia orang yang gue pikir bakal berdiri di garis netral terus. Tapi ternyata dia malah geser ke sebuah sisi dan itu hanya karena dia dengar cerita dari sisi yang dia datengin itu.

Iya-iya.. Itu wajar. Tapi masak kalo udah denger cerita penuhnya dia masih mau ada di sebelah doang? Kenapa dia gak balik ke garis netralnya lagi?

Makannya gue bilang dia bodoh juga.

Dia yang satu ini Tiwi. Pacar kesayangan Aris. Gue juga punya satu lagu buat dia. Lagunya SNSD Taeyeon yang judul Can You Hear Me.

-

-

Dan satu lagi sahabat gue. Dia cowok tapi dia gak pernah gue lihat kaya gitu. Di mata gue mau cowok atau cewek, yang namanya sahabat tetep sama. Jadi kalo ada yang nganggap gue deket sama dia kaya punya hubungan special gitu, orang itu salah besar!

Selama gue sebulan tinggal untuk deket sama mereka lagi, dia satu-satunya orang yang bener-bener mau denger apa kata-kata gue. Dia yang bikin gue ngerasa gue gak sia-sia dateng.

Gue ngomong sama Nesya tetang masalahnya. Dia bilang ‘iya’, dia manggut. Tapi dia gak bener-bener dengerin apa yang gue bilang. Tiwi juga. Gue cerita sama dia kalo gue pengen pulang karena kangen, gue sebutin semua alesan gue dan itu bukan bohong.

Tapi dia selalu bisa ngebalikin lagi pembicaraan seolah gak ngebahas itu dan bikin gue jadi tersangka yang gak bisa ngomong apa-apa karena gak bisa bikin alesan lagi. Alesan gue udah gue bilang semua di awal. Itu berarti dia juga gak mau denger apa yang gue bilang!!

Just he, who can understand what I will for us.

Sekai lagi cuma orang ini yang mau denger omongan gue. Yah, itu yang gue rasain.

Biarpun pada akhirnya gue malah jadi bahan ledekan dia karena omongan gue tadi. Tapi itu jauh lebih baik ketimbang gak di denger sama sekali.

Gue juga mau jujur. Kalo gue ada di deket dia, gue selalu ngerasa kalo gue bukan anak pertama. Gue ngerasa punya saudara yang bisa diajak ngobrol dan obrolan itu sedikit membantu buat gue.

Dia orang ke tiga yang bisa liat gue cerita sambil nangis. Sebelumnya cuma temen perempuan gue yang namanya Vina, dan Vidya.

Gue ngerasa walau sedikit tapi dia sama kaya Vina dan Vidya. Bisa bikin gue yakin kalo karena ada dia saat gue cerita, gue gak sia-sia nangis. Yah, walau cerita yang gue ceritain beda antara Vina, Vidya dan dia. Tapi emang baru mereka bertiga yang bisa bikin gue berani cerita sesuatu yang bener-bener berat buat gue.

Jangan tanya kenapa bukan Nesya dan Tiwi.

Mereka emang lebih tua dari gue. Tapi cuma umur doang yang lebih tua. Pikiran mereka gak bisa menerima apa yang gue ceritain. Buat mereka masalah merekalah yang paling susah. Jadi dari pada ngurusin masalah gue, mending ngurus masalah mereka aja.

Beda sama Vina, Vidya dan sahabat gue yang satu lagi. Mereka punya masalah tapi mereka mau bantu gue cari jalan keluar bareng-bareng. Itu karena tiga orang ini mau denger apa yang orang lain bilang.

Kadang gue capek ngomong. Rasanya gak ada gunanya gue ngomong panjang-lebar. Karena ujung-ujungnya omongan gue berlalu gitu aja, kaya angin. Iya kalo gue ngomongnya cuma omongan yang gak guna. Boleh deh kalo itu dianggap angin.

Lah, ini mah pengalaman gue. Pelajaran yang gue dapet dari semua masalah yang pernah gue hadepin.

Sakit hati banget gue.

Oh iya yang satu ini sahabat gue namanya Widy. Kalo lagu buat dia itu lagu baru, lagunya B1A4 yang judulnya Road (dalam bahasa Korea judulnya Gil).

-

Sekarang masalahnya.

Gue rasa harusnya udah pada ngerti apa masalah gue karena dari tadi gue udah nyinggung masalah itu berulang kali.

Yap, bener banget. Masalah gue itu karena dua sahabat gue tadi gak bener-bener mau denger apa kata-kata gue.

Tapi gak cuma sampe di sana. Mereka juga nganggap gue berat sebelah. Mereka nganggap gue lebih berpihak sama Widy. Pilih kasih atau malah curiga gue suka sama Widy.

Gue mau tegasin di sini. Gue sayang sama Widy. Tapi itu hanya sebatas sahabat dan saudara. Iya, gue nganggap Widy kaya saudara gue. Jadi gak mungkin gue jatuh cinta sama dia.

Kalo mereka masih mikir gue suka sama Widy, itu berarti mereka beneran bodoh.

Apa ada yang salah kalo gue deket sama sahabat gue? Mereka iri? Sama siapa?

Mereka iri sama gue karena terlalu deket sama Widy atau mereka iri sama Widy yang terlalu deket sama gue?

Kalo gue anggap mereka iri sama gue yang terlalu deket sama Widy. Gue bisa jelasin.

Gue deket sama Widy sama kaya gue deket sama mereka. Tapi karena mereka terlalu pencemburu, makannya mereka mikir kalo gue mihak sama Widy doang.

Mereka gak bener-bener tau mana yang sayang sama mereka dan mana yang ngga.

Gue tau gue sering marah sama mereka. Tapi harusnya mereka udah tau kalo marah itu perwujudan dari rasa sayang juga.

Gue marah karena Nesya yang masih terus mikirin mantannya. Itu karena gue gak suka ngeliat dia yang kaya orang paling menderita di dunia ini. Gue gak suka ngeliat orang yang gue sayang kesakitan. Okeh, ini alesan banget.

But for me it’s not just a reason. Yes it’s true.

Gue gak suka sahabat gue hidup kaya pake setengah nyawa. Kemana setengahnya?

Gue juga gak tau. Yang tau itu cuma dia yang ngerasa.

Tapi itu tadi. Karena Nesya bodoh. Dia gak bisa liat kalo gue sayang sama dia. Dia cuma bisa ngomong “Oh, jadi kaya gitu sahabat yang baik?”

Dia gomong seolah gue orang jahat yang gak ngerti perasaanya.

Gue marah? Banget!!

Sama siapa? Pertamanya gue marah sama Nesya yang gak mau dengerin kata-kata gue tapi akhirnya gue malah marah sama diri gue sendiri.

Kenapa? Karena gue jadi ikut bodoh. Harusnya gue berhenti ngomong tapi gue gak bisa berhenti.

Gue capek tapi gue gak tega sama dia. Dan seharusnya gue tega sama dia, karena pada dasarnya Nesya cuma bisa denger suara yang udah gak ada.

Lalu Tiwi dateng dan denger cerita dari Nesya. Okeh, kalo dia mihak Nesya gak apa-apa untuk di awalnya. Tapi dia juga udah tau ceria sebenernya. Apa tujuan dan alesannya.

Terus kenapa Tiwi masih mihak? Itu karena Tiwi gak bisa liat seberapa capek gue dan Widy waktu itu.

Itu karena Tiwi gak tau apa yang gue sama Widy mau. Yang dia pikir kalo gue sama Widy cuma mikir diri kami sendiri.

Dia gak tau seberapa gue kangen sama Nesya. Seberapa nyeselnya gue waktu gue tau kalo gue juga bersalah karena ngijinin Nesya jadian sama cowok kaya mantannya itu. Dan dia gak tau kalo gue juga ikut nangis saat tau sahabat gue menderita. Dia sama sekali gak tau.

Kalo ada yang tanya kenapa gue gak keliatan nangis saat liat Nesya nangis gue bakal jawab Karena Gue Gak Mau Jadi Sama Lemahnya Sama Nesya.

Karena Nesya butuh orang tegar di sebelahnya. Karena itu!! Just for that!!

Tapi gak ada yang ngerti semua itu. Termasuk Tiwi, orang yang gue kira bakal ngerti.

Gak ada yang ngerti. Karena itu juga gue lari ke Widy dan coba sharing sama dia. Tapi lagi-lagi gue salah. Gue dianggap lain lagi sama mereka.

Gue cuma mau tegesin ke mereka kalo gue percaya adanya sahabat. Gue parcaya sahabat sejati itu ada. Tapi karena manusia gak ada yang sempurna itu sebabnya ada sahabat yang berbuat salah. Dan di situlah tugas kita saling melengkapin.

-

Tapi kalo masih cacat kenapa gak kita coba untuk mengobatinya bareng-bareng dan menutupi kecacatan itu. Kenapa?

Kenapa kalian seolah gak perduli sama semua kecacatan yang ada di persahabatan kita? Gue cuma pengen kita bisa saling melengkapi.

Kalian mempermasalahkan pemaksaan? Terus harus pake cara apa lagi kalo itu juga salah? Gue ngomong baik-baik gak di denger. Gue diem di bilang gak perduli dan gue paksa, kalian bilang itu jahat. Gue harus gimana lagi coba?

Gue bukan Nabi yang sempurna. Gue juga bisa salah dan ada kalanya gue ngerasa capek.

Emang kalian gak capek kaya gini terus? Saling curiga dan gak percaya. Buat gue gak ada kotak lain di persahabatan gue sama kalian. Semua sama. Gak ada bedanya.

Hanya karena gue kenal siapa kalian, makannya gue lebih memilih untuk menyesuaikan apa yang gue pengen dan sama siapa gue bisa ngelakuinnya.

Ada banyak hal yang gak bisa atau gak mau Nesya lakukan, jadi gue pilih untuk pergi ke Widy. Kalo Widy gak bisa gue pergi ke Tiwi. Dan kalo bener-bener gak ada yang bisa gue bakal pergi sama orang lain yang bisa.

Harusnya kalian bilang gue itu pengertian. Karena gue juga gak mau maksa kalian untuk ngelakuin apa yang gue mau.

Tapi liat diri kalian sekarang. Kalian juga maksa gue untuk jadi apa yang kalian mau. Kalo gue gak lakuin itu kalian bakal marah dan nyari kesalahan gue. Nuduh gue jadi yang paling jahat lagi.

Bisa gak kaian ngerti? Gue capek kaya gini terus.

Kenapa gak kita coba cara baru untuk bahagia bareng-bareng? Sharing mungkin?

Dari situ kita bisa tau mana yang bener-bener kita butuh untuk bikin persahabatan ini gak terlihat cacat. Biar kita aja yang tau kalau kita masih cacat.

Jangan orang lain.

Gue tau ini susah. Tapi kita harusnya bisa, karena kita ngelakuin itu bareng-bareng.

Kita cuma harus mencoba untuk mengaku kalo kita punya salah. Belajar menerima koreksi masing-masing. Gak bersikap terlalu egois dan mau nurunin sedikit EGO kita. Cuma itu kok. Apa itu susah banget ya?

Kalian harusnya tau bahkan soal matematika tersulit di dunia ini pasti ada jawabannya dan pasti ada yang bisa jawab. Kecuali kalo soal itu salah, kita gak mungkin nemu jawabannya. Tapi sejauh ini gue gak pernah tau kalo ada soal matematika yang salah.

Jadi, ayolah kita jawab bareng-bareng soalnya. Bisakan?

-

Kadang gue suka nyesel kenapa keajaiban itu harus hilang. Padahal gue butuh keajaiban itu untuk bisa mengembalikan hubungan kami. Tapi gue tau Allah pengen gue dan mereka bersatu untuk nyiptain keajaiban itu lagi.

Keajaiban itu hilang karena kami, jadi kami juga yang harus menemukannya. Karena itu milik kami.

Oke readers. Makasih mau lihat curhatan gue yang panjang banget ini.

~Bye~


-Feby-